Thursday, June 28, 2007

Tuanku RAO

Purchased : 20 June 2007
Price : Rp. 130.000-
Author : Mangaradja Onggang Parlindungan
***

Buku ini seperti ditulis oleh orang yang marah dengan bahasa yang mengalir lancar tapi kadang bertabrakan tanpa sabar , meletup-letup, walaupun berusaha sopan tapi terasa bara api yang menjalar pada setiap sudut halaman, pada setiap paragraf , pada setiap alenia, pada setiap kalimat, bahkan pada setiap sisipan kata.
***
Pertanyaan penting, bagaimana bila naskah arsip Poortman ini benar ? Bagiku kecinaan sejarah Banten atau bukan tak lagi relevan, kalaupun ada cina di urat sejarah kebantenan, so what ? What is the impact of it ?
***
Buku buku kontroversial seperti ini kadang seperti cabe rawit, pedas banget, sampai bercucuran keringat dingin, blingsatan dan kalur cari pendingin, setelah itu ., beberapa saat, beberapa tahun, hilang begitu saja. Tak ada gizi ! Tapi kadang kita butuh kaget-kagetan kayak gini.
***
Jaman berubah banyak. Luka-luka lama tentang teror agama mungkin tak gampang dilupa. Menjelma dalam bentuk yang lain. Yang lebih beradab , tapi jauh lebih keji dan mematikan. Mungkin tak lagi pakai pedang seperti Imam Bonjol pada perang paderi, tapi dalam bentuk pita kaset , cd, ceramah tv, selebaran .
***
Jadi kalau Gus Dur mengaku dan mendeklarasikan bahwa beliau bermarga Tan ( CHin ) dari garis silsilah kakek buyutnya, bagaiamana dengan anda ?
***

No comments: