Sunday, December 7, 2008

Di Balik Layar Laskar Pelangi

Membaca buku ini seperti mengenang kembali sebuah masa yang jauh , masa kecilku di kampung. Lokasi-lokasi syuting yang menjadi latar film LP ini seperti lukisan tentang masa kecilku. Semua padang, pohon serta background masyarakat Belitong 100 % mirip dengan masyarakat Bangka .
***
Tak ada yang asing bagiku di buku ini. Film ini seperti di buat untuk orang-orang sepertiku dengan masa kecil yang penuh warna di tanah Bangka Belitong. Walaupun kini lukisan masa kecil itu telah centang perenang oleh tambang rakyat dan juga tambang terbuka pasir kuarsa. Sebuah harta karun yang tak ada tandingannya itu kini hilang dan musnah.
***
Rita Triarna Budiarti telah mencatat adegan demi adegan dan segala pernik yang ada pada saat pembuatan film ini dengan sangat mengesankan . Bahkan ketika kita tak membaca bukunya atau menonton filmnya pun, maka buku ini seperti sebuah film lepas yang layak di tonton dan juga layak mendapat tepukan serta haru airmata.
***
Sejak semula telah kuduga bahwa Harun pasti diperankan oleh seseorang yang memiliki background yang sama . Dan itu adalah Yepri Yanuawar, murid kelas 4 Sekolah Luar Biasa Tanjong Pandang Belitong. Bravo buat Yepri Yanuar !

No comments: