Wednesday, August 29, 2007

Menyusuri Lorong-Lorong Dunia

Tgl. Beli : 27 Agustus 2007-Harga : Rp. 32.500--Pengarang : Sigit Susanto -Penerbit : Insist Press-cetakan Pertama November 2005 -xxxiii+373 Halaman -15 x 21 cm
***

Sehabis ikut Sigit keliling dunia, maka terasa sekali pengalaman Sigit ini laksana pengalaman kau sendiri pribadi yang berkunjung ke laksa dunia, ke ribuan lorong kota, ke kota-kota yang jauh, yang kau rindu ingin kau kunjungi, tapi sampai kini tak satupun kota-kota antik penuh budaya itu terjejakan kaki ke sana.
***
Lalu sungguh aku iri dengan yang Sigit alami. Thank you Sigit , kelanamu ke seluruh dunia telah mengajakku juga walau hanya imajiner dalam kalimat dan kata, tapi sungguh kata-kata dan kalimat lalu paragraf Sigit seperti memetakan jalan lurus panjang dan terbuka, menuju negeri-negri jauh. Bak dongeng dan mimpi belaka !
***
Dari danau bersih jernih Zug di Swiss sampai kuil kuno Chitcen Itza Mexico, dari rumah lelang Multatuli sampai Nisan Kafka di Zizkov Praha, dari Piazza Novanna Italia sampai candi Matahari Piramide Del Sol, begitulah aku serta dengan Sigit menjelajahi ribuan kilometer kota-kota, Sigit dengan jejak kakinya nyata , aku dengan jejak khayal semata. Tapi betapa aku seperti Sigit menjadi pengembara, kelana ribuan tapal batas kota dan negara, beruntung kau Sigit !
***

No comments: