Friday, August 24, 2007

Holy Blood, Holy Grail

Tgl Beli : 21 November 2006
Harga : Rp. 85.000-
Pengarang : Michael Baigent, Richard Leigh & henry Lincoln
LII+716 Halaman
Cetakan Pertama Mei 2006
Penerbit : Ufuk Press
***

Kawan, bila kau orang Katolik , kusarankan kau BACALAH buku ini. Karena aku pun Katolik, maka membaca buku ini seperti sebuah ziarah ke negeri penguatan, bisa jadi juga kembali ke gersang pasir penafikan.
***
Data yang kau baca di buku ini bisa jadi sangat bias dan membuatkau gemetar ingin memaki dan meludahi Michael Baigent, tapi tahukah kau ketika Baigent berkelana susah payah mencari dan mengumpulkan data, tanpa pernah dia tahu diapun merindukan sosok seperti Yesus.
***
Bila Yesus membaca buku ini, apa yang akan dikatakannya. Aku berpikir , mungkin juga berkhayal liar tentang opini yang akan ditulis Yesus di dalam buku hariannya sehabis susah payah menyelasaikan buku yang tebal seperti roti bantal ini. Dengan sedikit termenung dan mengetuk-ngetuk bulu tulis di kertas papirus kekuningan , Yesus mungkin akan menulis ..." aku menjadi kagum dengan gigihnya orang ini mencari data, mengabungnya dengan susah payah riwayat hidupku , yang aku sendiri bingung karena Ibuku jarang berkisah tentang masa kecilku sendiri, seolah-olah aku ditakdirkan tiba-tiba jadi dewasa, lalu ditakdirkan memiliki kekuatan Ilahi , orang ini patut masuk surga, bukan karena pahala masa hidupnya, ataupun kebaikannya menulis sebagai wartawan, tapi karena kejujuran dan juga karena tak kenal menyerahnya , mencari diriku, mencari asal-usulku, yang kusendiri sebetulnya tak perlu ambil pusing..."
***
Jadi kawan, bila kau orang Katolik, jangan pinjam buku ini dari temanmu tapi belinya edisi hard covernya. Karena menjadi Katolik , dan menbaca buku ini , kau akan menjadi Katolik yang kuat!
Dan kau kawan , yang bukan orang Katolik , kusarankan kau jangan pernah baca buku ini, karena kau akan terpesona pada indahnya imanmu dan jalan tauhidmu sendiri !

No comments: