Wednesday, July 11, 2007

The Social World of Batavia

Purchased : 13 June 2005 -Price : Rp. 388.000- Author : Jean Gelman Taylor -Edition 1st : 1983-Binding: Paperback -Brand: University of Wisconsin PressDewey-Decimal Number: 301 EAN: 9780299094744 -ISBN: 029909474X -Label: University of Wisconsin Press -Manufacturer: University of Wisconsin Press -Number Of Pages: 272
***
Inilah buku yang terbaik memberikan gambaran lengkap mengenai dunia sosial jaman VOC di Batavaia abab ke 18. Semua buku yang terbaik memberikan banyak data-data yang paling kucari-cari selama ini. Buku ini aku order indent ke Kinokuniya Senayan. Tahun 2004 september waktu ke Kinokuniya Singapore, aku cari juga tapi tidak ada stock.
***
Buku Jean Gelman Taylor ini menjadi banyak acuan di buku-buku mengenai kehidupan Batavia yang di tulis oleh penulis lokal. Sebuah buku yang sangat comprehensive mengenai tata budaya, kehidupan sosial, pola pernikahan , perselingkuhan , kepentingan-kepentingan ekonomi jaman itu.
***
Yang paling menarik mungkin bagiku adalah paparan mengenai jaringan kerabat di dalam pemerintahan VOC jaman itu, bagaimana hampir semua orang-orang berkuasa adalah sesama keluarga, turun-temurun, dengan social link yang itu-itu aja. Hampir sulit bagi orang di lur kerabat para pembesar untuk masuk dan minimal mendapatkan posisi penting bial tak ada koneksi keluarga dan membangun karier from the scratch. Nepotisme begitu kental dan telah menjadi darah daging di VOC jaman itu. Yang mungkin akan mirip-mirip dengan jaman orde baru kali.
***

No comments: